Selasa, 26 Oktober 2010
STRUKTUR ORGANISASI DI KANTOR DEPAN ATAU FRONT OFFICE
Struktur organisasi di kantor depan atau Front Office Hotel dipengaruhi oleh besar atua kecilnya hotel, banyak atau sedikitnya jumlah karyawan serta system operasional yang digunakan di hotel.
Front Office Manajer
Area kerja Front Office Manager adalah Front Office area, Executive floor, dan Business center. Ringkasan pekerjaan Front Office Manager adalah menciptakan kepuasan tamu, dan memberikan kesan positif terhadap tamu di area kerjanya. Front Office Manager melaporkan tugasnya kepada General Manager dan staff bawahan dari Front Office Manager adalah staff dari front office.
Tugas pokok dari Front Office
Menyeleksi, menempatkan, melatih, dan mengevaluasi karyawan front office
Memastikan bahwa semua staff di front office menguasai sistem komputer hotel, etika menerima telepon, dan standard operasional yang ada di hotel
Menjaga keharmonisan kerja dengan penjualan dan pemasaran tentang harga kamar
Menyambut tamu VIP
Menangani keluhan tamu yang tidak bisa diselesaikan oleh bawahannya
Membuat laporan bulanan tentang daftar tamu, tingkat hunian maupun keuntungan dan kerugian di bagian kantor depan
Menjaga kedisiplinan petugas kantor depan dengan memberikan peringatan dan sanksi bagi yang melanggar ketentuan
Meningkatkan kualitas dan prestasi karyawan yang berprestasi denagn memberikan penghargaan
Membuat budget tahunan, menganalisis operasi, dan pendapatan hotel secara harian dari sisi pendapatan dan rata – rata harga kamar
Assistant Front Office Manager
Area kerja Assistant Front Office Manager adalah Front Office area, Executive floor, dan Business center. Ringkasan pekrjaan assistant front office manager adalah membantu kelancaran tugas di front office, menggantikan front office manager ketika berhalangan, dan mengkoordinir beberapa tugas sesuai dengan deskripsi pekerjaanya.
Staff bawahan dari Assistant Front Office Manager adalah Duty Manager, Front Office Supervisor, dan Supervisor level lainnya di department Front Office.
Tugas pokok Assistant Front Office Manager
Membantu pekerjaan front office manager dalam hal control dan administrasi
Membuat jadwal kerja Duty Manager, receptionist, telephon operator, GRO, dan Conclerge
Memantau operasional di front office
Mengarahkan dan mengawasi terhadap pekerjaan reception dan conclerge
Memimpin briefing pada waktu shift malam
Terjun langsung ke operasional hotel pada saat tamu ramai
Menghadiri briefing pagi manajemen hotel dan mewakili front office manager saat berhalangan hadir
Menangani keperluan tamu yang membutuhkan bantuan
Duty Manager
Area kerja duty manager adalah front office dan seluruh hotel yang ada hubungan dengan tamu di hotel. Ringkasan pekerjaan Duty Manager adalah mendukung pekerjaan operasional kantor depan secara menyeluruh dan mengontrol operasional lintas departemen untuk shift tertentu. Atasan langsung Duty Manager adalah Front Office Manager, sedangkan staff bawahan Duty Manager adalah front office supervisor, front office staff, guest relation officer, conclerge, dan business center secretary.
Tugas Pokok Duty Manager
Membantu tugas front office manager dan assistant front office manajer dalam melaksanakan tugas operasional di front office
Mendukung kelancaran proses chek-in dan chek-out di front office
Menangani kesulitan tamu dan staff di front desk
Mengontrol operasional di seputar front office antara lain : lobby, restaurant, bar, lounge koridor, dan kamar tamu
Membuat laporan setiap shift tentang temuan dan kejadian selama jam kerjanya
Menyambut tamu VIP bersama dengan Front Office Manager
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar